Selasa, 10 November 2009

Tanya Jawab Marketing (Produk dan Harga)

Tanya Jawab Marketing (Produk dan Harga)


Tanya
Coba Jelaskan Bagaimana program pengembangan produk

Jawab:
Dalam setiap perusahaan dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan mutu dari barang atau jasa untuk menambah kepuasan konsumen, apabila perusahaan kurang memperhatikan tentang masalah ini sedangkan pesaingnya memperhatikannya maka ada kemungkinan besar konsumen akan pindah pada barang dan jasa yang lain yang akan lebih memuaskan dirinya
Program-program untuk peningkatan mutu dan menciptakan barang atau jasa baru harus betul betul diperhatikan, apalagi untuk barang atau jasa jenis tersebut konsumen lebih mudah membandingkan kwalitasnya dengan barang-barang atau jasa lainya,

Tanya
Langkah-langkah pengembangan produk

Jawab:
Mencari ide tentang produk
menyaring ide-ide tersebut
mengadakan analisa
melaksnakan pengembangan barang
test pemasaran
memproduksi dan memasarkan barang tersebut

Tanya
Mengapa produk selalu mengalmi kegagalan

Jawab:
Eksekutif level tinggi mungkin memaksakan gagasan favorit walaupun hasil riset pasar negatif.
Ide itu bagus, tapi perkiraan ukuran pasarnya terlalu berlebihan.
Produk tidak dirancang dengan baik.
Produk diposisikan secara keliru di pasar, tidak diiklankan secara efektif, atau terlalu mahal.
Produk gagal untuk memperoleh cakupan distribusi dan dukungan yang cukup.
Biaya pengembangan lebih tinggi daripada yang diperkirakan.
Pesaing membalas dengan lebih gencar daripada yang diperkirakan.


Tanya
Sebutkan tahap-tahap daur hidup produk

Jawab:
Tahap perkenalan Perkenalan
Tahap Pertumbuhan
Tahap Kedewasaan
Tahap Kejenuhan
Tahap kemunduran atau menurun



Tanya
Apa yang dimaksud persaingan Bukan Harga

Jawab:
a. Menonjolkan diferensiasi produk
b. Kualitas jasa ( Persyaratan lunak, pengiriman barang, pemasangan barang, garansi)
c. Lokasi Penjual Strategis
d. Kupon Berhadiah

Tanya
Jelaskan apa yang dimaksud dengan potongan tunai dengan potongan kuantitas.

Jawab:
Potongan tunai : Potongan harga yang ditawarkan oleh penjual agar konsumen beresedia mebayar dengan cara kas..
Potongan kuantitas : Potongan harga yang ditawarkan oleh penjual agar konsumen beresdia membeli produk dalam jumlah besar.

Tanya
Jelaskan apa yang dimaksud dengan potongan tunai dan potongan musiman.

Jawab:
Potongan tunai : Potongan harga yang ditawarkan oleh penjual agar konsumen beresedia mebayar dengan cara kas.
Potongan Musiman : Potongan harga yang ditawarkan oleh penjual agar konsumen beresdia membeli produk dalam jumlah besar.




Tanya
Jelaskan pengaruh harga bagi perekonomian dan bagaimana pengaruh bagi perusahaan


Jawab:
Dalam perekonomian
Untuk melihat pengaruh harga dalam perekonomian, coba kita bayangkan saat BBM terjadi kenaikan. Pertama keniakan harga BBM akan berpengaruh pada Biaya Transportasi (angkut barang), kemudian pada harga produksi, Gaji, sewa, tingkat suku bunga dll.

Dalam Perusahaan
Harga merupakan bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan secara langsung, untung ruginya perusahaan tergantung pada kebijakan penentuan harga. Dengan harga prusahaan dapat membuat perencanaan pemasaran. Selain itu harga dapat menentukan posisi persaingan usaha.

Tanya

Apa yang dimaksud strategi bukan harga

jawab:
Menonjolkan diferensiasi produk
Kualitas jasa ( Persyaratan lunak, pengiriman barang, pemasangan barang, garansi)
Lokasi Penjual Strategis
Kupon Berhadiah

Tidak ada komentar: