Selasa, 03 November 2009

Rangkuman Mata Kuliah Pemasaran-Harga

PENGARUH PENTINGNYA HARGA

Pertanyaan apa yang ada dalam perusahaan ?

“Pada harga berapakah tepatnya, barang dan jasa-jasa harus dijual……………….?

Ini adalah pertanyaan berulang ulang yang ada pada setiap perusahaan,

Konsumen akan membeli sesuatu dalam jumlah banyak jika harga tepat dan layak

(persaingan harga tidak terjadi pada pasar monopolis)

PENGARUH PENTINGNYA HARGA
Dalam perekonomian
Untuk melihat pengaruh harga dalam perekonomian, coba kita bayangkan saat BBM terjadi kenaikan. Pertama keniakan harga BBM akan berpengaruh pada Biaya Transportasi (angkut barang), kemudian pada harga produksi, Gaji, sewa, tingkat suku bunga dll.

PENGARUH PENTINGNYA HARGA
Dalam Perusahaan
Harga merupakan bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan secara langsung, untung ruginya perusahaan tergantung pada kebijakan penentuan harga. Dengan harga prusahaan dapat membuat perencanaan pemasaran. Selain itu harga dapat menentukan posisi persaingan usaha.

PENGERTIAN HARGA
Dalam teori ekonomi harga berhubungan dengan nilai dan faedah
Pada mulanya Harga yang dibayarkan oleh pembeli berhubungan dengan nilai dan faedah
Secara sederhana harga diartikan sebagai jumlah yang dibayarkan oleh pembeli (uang).
Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapat sejumlah kombinasi dari barang/jasa beserta pelayanannya
Konsep Harga : apabila harga sebuah barang yang dibeli oleh konsumen dapat memberikan hasil yang memuaskan, maka dapat dikatakan bahwa penjualan total perusahaan akan berada tigkat yang memuaskan-diukur dalam rupiah-, sehingga menciptakan langganan.

TUJUAN PENETAPAN HARGA
· Mendapatkan laba yang máximal
· Mendapatlan pengembalian investasi yang telah ditargetkan
· Mencegah dan mengurangi persaingan



REAKSI KONSUMEN PADA HARGA
Yang ada dibenak konsumen harga sering dijadikan indikator kualitas bagi konsumen. Harga yang mahal memiliki faedah dan kualitas yang baik. Konsumen biasanya lebih menonjolkan kesan daripada faedah yang diterima. (note kecuali barang bersifat homogen: BBM)

PROSEDUR PENENTUAN HARGA PADA PERUSAHAAN
Mengestimasikan permintaan untuk barang tersebut
Ø menentukan harga yang diharapkan oleh konsumen
Ø mengestimasikan volume penjualan
Mengetahui lebih dulu reaksi dan persaingan terhadap produk yang dimiliki pesaing.
Menentukan market share yang dapat diharapkan
Memilih strstegi harga untuk mencapai target pasar
Ø dengan menentukan harga yang setinggi-tingginya untuk mengganti biaya produksi dan pengembangan
Ø menentukan harga yang serendah-rendahnya untuk mencapai volume penjualan
Mempertimbangkan strategi pemasaran perusahaan.


HARGA YANG DIDASARKAN PADA BIAYA
COST-PLUS PRICING METHOD
Biaya Produksi + Laba = Harga Jual

MARK – UP PRICING METHOD
Harga Beli + Markup = Harga Jual

PENETAPAN HARGA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PASAR
Penetapan Harga Sama Dengan Harga Pesaing
Penetapan Harga Dibawah Harga Pesaing
Penetapan Harga Diatas Harga Pesaing

KEBIJAKAN DAN STRATEGI HARGA
Potongan dan Penghargaan
Potongan quantaítas
Ø Mendorong pembeli membeli harga yang banyak
Potongan Dagang
Ø Diberikan kepada penjualan barang pengecer atau distributor
Potongan Tunai
Ø Potongan berdasarkan waktu pembayaran 2/10 n/30
Potongan Musiman
Ø Potongan diberikan berdasarkan musim. (pada musim panen pembeli diberi potongan)
Penghargaan Promosional
Ø Potongan diberikan dalam bentuk barang promosi. (setiap pembelian motor dapat jaket dan helm)

KEBIJAKAN DAN STRATEGI HARGA DAN HARGA YANG VARIABLE
Kebijakan satu harga (harga di super market), kelebihannya memberi keyakinan kepada pembeli, namun pembeli setia (pelanggan) dikecewakan
Kebijakan Harga Yang Variable (dilakukan negosisai)

KEBIJAKAN HARGA PERUNIT
Kebijakan ini diberikan kepada pengecer dengan membedakan harga satuan, lusin, kodi dll

PENENTAPAN HARGA BERDASARKAN BEBERAPA MACAM BARANG
Perusahaan memiliki macam-macam jenis barang, Contoh pada penjualan motor, apabila pembeli beberapa jenis barang akan mendapat potongan)

PENETAPAN HARGA PERKENALAN
Perusahaan memberikan harga salam promosi barang dengan waktu tertentu

GARANSI PENURUNAN HARGA
Perusahaan akan menjamin bahwa harga sejak dipesan s.d. barang di beli, biasanya barang yang berfluktuatif. Kenaikan barang menjadi resiko penjual

PENETAPAN HARGA PSIKOLOGI
Perusahaan menggunkan harga ganjil (contoh Rp 4.999)

PERSAINGAN HARGA DAN BUKAN HARGA
Persaingan harga oleh perusahaan
Perubahan Harga (hati-hati karena akan mengurangi pendapatan)
Mengadakan reaksi pada harga (Harus cermat dalam menganggarkan biaya)

Persaingah Bukan Harga
Menonjolkan diferensiasi produk
Kualitas jasa ( Persyaratan lunak, pengiriman barang, pemasangan barang, garansi)
Lokasi Penjual Strategis
Kupon Berhadiah

Tidak ada komentar: