Minggu, 27 November 2011

AGAMA : Sedekah itu Tidak Harus Ikhlas Lho....

Sedekah itu Tidak Harus Ikhlas Lho....
Kalian punya twitter? Sudah pernah follow @pecintasedekah belum. Kalau belum coba follow deh, biar nampol dan melekat di hati itu tweet-tweetnya tentang sedekah. Keren dan suka mengguncang realita berpikir kita. Apalagi yang suka pakai alesan, “biar sedikit yang penting ikhlas“.


Dulu saya juga punya pemikiran yang sama. Sedekah itu tidak apa-apa sedikit, yang penting ikhlas. Sampai akhirnya ketemu juga dengan rangkaian tweet yang intinya adalah :
Quote:
Kalau bisa sedekah banyak dan ikhlas, kenapa membatasi diri dengan sedekah kecil-kecilan?
Kalau dipikir ada benarnya juga. Semakin sering kita ngucapin “biar sedikit yang penting ikhlas”, kita ngga bakal beranjak dari posisi semula yang cuma bisa ikhlas kalau sedekah dalam jumlah kecil. Padahal keutamaan sedekah itu banyak banget loh. Coba baca buku 7 Keajaiban Rezeki! Di sesi sharing dengan teman-teman, banyak yang memberikan kesaksian buah berkah dari sedekah ini. Bahkan teman dekat saya malah cerita, kalau banyak dreamnya tahun ini terwujud sejak dia sering sedekah.

Sedekah itu tidak harus ikhlas. Itu yang sering dilontarkan oleh @pecintasedekah. Kalau menunggu untuk ikhlas, bisa-bisa kita malah tidak bersedekah sama sekali. Justru karena belum bisa ikhlas, ya sering-seringlah sedekah. Belum ikhlas karena belum terbiasa dan masih perhitungan biasanya. Yang dipake tentu saja otak logika, padahal Tuhan kalau memberi nikmat ngga hitung-hitungan. Yang disedekahkan dikit aja baliknya bisa banyak, apalagi kalau sedekahnya banyak.

Kalau mau dianalogikan sama saja dengan shalat. Kita diperintahkan untuk khusyu dalam melaksanakan ibadah shalat. Lantas, kalau belum bisa khusyu apa terus tidak shalat? Tentu tidak toh. Malah kalau bisa rajin shalatnya sambil berusaha khusyu. Sama saja dengan sedekah atau ibadah-badah yang lainnya. Kalau menunggu ikhlas dulu, bisa-bisa keburu dijemput sama Izrail sementara belum banyak amal ibadah yang dilakukan.

Sebelum rasa ikhlas itu datang jangan mengurangi porsi ibadah. Kalau bisa ditingkatkan. Barangkali dengan jalan seperti itu keikhlasan bisa datang. Selebihnya silahkan belajar tentang ikhlas, khususnya dalam hal sedekah, pada Pecinta Sedekah. Slogan “Makin Banyak Memberi, Makin Banyak Menerima” itu bukan bualan belaka. Itu nyata!

sumber dari : http://ceriwis.us/showthread.php?t=430655

Tidak ada komentar: