Selasa, 04 Agustus 2009

Marketing : Bauran Ritel

ABSTRAK
Tesis : Agus Hendradimaja
Judul : Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Swamitra Bank Bukopin

Krisis ekonomi telah mengajarkan kalangan perbankan bahwa bisnis corporate banking tidak lagi bisa diandalkan. Pasalnya, krisis ekonomi telah menyebabkan banyak pelaku ekonomi terjerembab dalam jurang kehancuran. Untuk itu bank-bank mengantisipasinya dengan melakukan perubahan strategi bisnis, yakni mulai memberikan perhatian yang lebih besar ke bisnis perbankan ritel (retail banking). Konsekuensinya, para pengelola bank dituntut untuk lebih cerdas dan inovatif dalam menciptakan peluang bisnis baru dengan tetap bertumpu pada segmen ritel.
Bank Bukopin berupaya dengan melakukan inovasi merintis konsep terobosan baru dengan melakukan ritel melalui melalui kerja sama dalam pemberdayaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Koperasi Simpan Pinjam/Usaha Simpan Pinjam (KSP/USP). Kerja sama tersebut dinamakan “Swamitra” berlandaskan pada manajemen perbankan modern dan teknologi mutakhir. Anggota koperasi yang tergabung sebagai anggota Swamitra dapat memperoleh akses terhadap permodalan, pengelolaan likuiditas yang efektif dan transaksi keuangan yang efisien. Kesemuanya ini akan sangat mendukung pemberdayaan dan pertumbuhan koperasi dan usaha kecil di dalam wadah Swamitra.
Dalam mengoptimalkan peranan Swamitra terhadap kepuasan pelanggan, maka Swamitra perlu melakukan bauran ritel seperti fasilitas fisik, merchandising, harga, promosi, pelayanan, organisasi dan personel. Dalam penelitian ini bauran ritel sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan pelanggan di Swamitra Bank Bankopin.
Analisis yang digunakan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan menyajikan hipostesis sesuai dengan tujuan penelitian. Data primer untuk analisis dikumpulkan melalui survey dengan menggunakan kuesioner yang valid dan variabel analisis untuk mengetahui kondisi pelaksanan ke enam variabel yang ditileti di Swamitra Bank Bukopin. Analisis terhadap sikap responden/pelanggan menggunakan likert summated rating, sedang analisis tentang pengaruh bauran eceran terhadap konsumen menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian dari enam variable yang diteliti hanya variable harga dan pelayanan yang secara nyata dan positif mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 11,3%, sedangkan sebesar 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain.Dengan demikian, maka perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut mengingat kepuasan pelanggan lebih banyak ditentukan oleh faktor yang lain.

Kata kunci : Retailing Mix, Kerjasama antara Bank dan koperasi, Kepuasan Pelanggan

Tidak ada komentar: